Selamat Datang di blog ZEB CIVIL. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Jumat, 24 Juni 2011

Perencanaan Jalan

Ketika kita melakukan pekerjaan perencanaan terutama pada perencanaan jalan, kita sering menghadapi berbagai macam kendala yang sangat mempengaruhi dalam peroses perencanaan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang dalam merencanakan jalan sebagai berikut:


1. Topografi
 
Keadaan tanah dasar dapat mempengaruhi lokasi dan bentuk geometri jalan, misal keadaan tanah yang jelek dapat memaksa perencana untuk memindahkan trase jalan atau menghilangkan tanah jelek tersebut dengan memindahkan atau menimbunnya tinggi-tinggi. Keadaan topografi adalah faktor yang penting dalam menentukan lokasi jalan pedalaman (rural highway) dan umumnya mempengaruhi aalinyemen, landai jalan, penampang melintang dan lain-lain.

2. Keamanan
Dalam hal ini perlu diperhatikan beberapa faktor, misal: data lalu lintas, sehingga keamanan dari pemakai jalan raya dapat lebih terjamin.

3. Kenyamanan
Dalam menentukan atau merencanakan jalan sebaiknya tidak banyak tikungan, tidak terlalu terjal, tidak banyak gangguan dan juga harus diperhatikan kecepatan kendaraan, kapasitas jalan, sehingga jalan raya cukup aman dan nyaman untuk dipakai.

4. Biaya
Perencanaan sedemikian ekonomis, disesuaikan kelas jalan dan perlu dipersiapkan bila makan ditingkatkan kelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar