Selamat Datang di blog ZEB CIVIL. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Senin, 18 Juli 2011

Syarat Rumah Sehat Dan Indah

Pada waktu membangun sebuah rumah impian kita sering hanya berpatokan pada hasil akhir namun perlu juga kita sadari bahwa untuk mendapatkan sebuah rumah impian tidak cukup dengan hanya uang yang banyak tanpa memperhatikan hal-hal apa saja yang terpenting yang tidak boleh kita abaikan dalam membangun
sebuah rumah impian. Sebelum melangkah lebih jauh dalam membangun sebuah rumah impian di negara kita ini ada  faktor yang perlu kita ketahui pula yaitu, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa negara kita indonesia berada di daerah beriklim tropis. Iklim, adalah komponen penting yang harus diperhatikan ketika Anda melakukan desain rumah.





Untuk lebih jelas pada kita semua, saya akan berbagi sedikit dari pengalaman saya kepada para pembaca semua tentang apa saja hal-hal yang dimaksud tersebut di atas:

  1. Hal yang paling utama adalah lokasi bangunan. Ketika membangun sebuah rumah wajib memperhatikan lokasi bangunan karena sangat berpengaruh dari segala bidang mulai dari gaya bangunan, keindahan, dan masih banyak lagi jadi hal ini harus di perhitungkan secara matang.
  2. Menentukan arah bangunan. hal ini sangat penting karena mempengaruhi berbagai hal dan tidak boleh di sepelekan karena arah rumah yang salah akan mempengaruhi isi yang di dalamnya atau kenyamanan kita dalam menempati rumah itu di kemudian hari.
  3. Kekuatan bangunan. Pada saat ini kekutan sebuah rumah sangat penting terutama di daerah-daerah rawan gempa karena sangat erat hubungannya dengan nyawa manusia yang tinggal di dalamnya.
  4. Aliran udara yang masuk kedalam rumah sebab rumah yang sehat harus memiliki sirkulasi udara dari dalam keluar dan sebaliknya sehingga tercipta rumah sehat yang indah.
  5. Cahaya yang masuk harus cukup agar rumah tidak lembab sehingga menciptakan suasana rumah yang hangat karena bila cahaya masuk kurang maka akan menimbulkan penyakit. Sumber cahaya ini juga ada dua yaitu dari sinar matahari dan cahaya buatan yang berasal dari listrik atau sejenisnya.
  6. Memiliki sumber air bersih yang cukup hal ini sangat penting dalam sebuah rumah sebab manusia sangat membutuhkan air mulai dari minum, masak, mencuci, mandi dan masih banyak lagi manfaatnya.
  7. Luas bangunan sebaiknya cukup sehingga ada ruang gerak dan ruang privasi bagi penghuni.
  8. Pemilihan atap rumah. Atap genteng adalah umum dipakai baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Di samping atap genteng adalah cocok untuk daerah tropis juga dapat terjangkau oleh masyarakat dan bahkan masyarakat dapat membuatnya sendiri. Namun demikian banyak masyarakat pedesaan yang tidak mampu untuk itu maka atap daun rumbai atau daun kelapa pun dapat dipertahankan. Atap seng maupun asbes tidak cocok untuk rumah pedesaan, disamping mahal juga menimbulkan suhu panas di dalam rumah.
  9. Fasilitas  yang menunjang dan sangat berperan penting terciptanya rumah indah dan sehat seperti hal-hal berikut.


  • Penyediaan air bersih yang cukup,
  • Pembuangan tinja,
  • Pembuangan air limbah (air bekas),
  • Pembuangan sampah,
  • Fasilitas dapur,
  • Ruang berkumpul keluarga,
  • Untuk rumah di pedesaan lebih cocok adanya serambi (serambi muka atau belakang).
10. Ternak sebaiknya di pisahkan dengan jarak yang cukup dari rumah agar tidak menimbulkan penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar