Selamat Datang di blog ZEB CIVIL. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Senin, 11 Juli 2011

Tujuan Pembuatan Bangunan Sungai

Suatu bangunan sungai dapat ditunjukan untuk berfungsi lebih dari satu macam. Selain fungsinya yang bermacam-macam bangunan sungai ini juga memiliki keguanan yang sangat banyak untuk masyarakat dalam membantu ekonomi, bahkan sektor usaha. sebagai contoh, bendungan sungai berupa bendungan dapat
ditujukan untuk berfungsi sebagai:
1. Pengendalian banjir
2. Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
3. Irigasi baik untuk sawah-sawah masyrakat sekitar lokasi
4. Perikan dengan membangun tambak-tambak ikan
5. Serta sebagai objek wisata.
Fungis bangunan bendungan pada umumnya dimaksudkan untuk menaikkan elevasi muka air yang sekaligus dimaksudkan untuk mempertahankan elevasi dasar sungai di sebelah hulu bendung, yang selanjutnya dibelokkan untuk suatu keperluan pemanfaatan air, misalnya irigasi atau pengglontoran. Hal yang harus perhatikan adalah pengaruh bendungan yang timbul di sebelah hulu bendung. Bangunan sungai lainnya yang sering dibuat untuk melengkapi kontruksi bendung adalah bangunan tunggal.
Bangunan pengendali dasar sungai pada prinsipnya ditujukan untuk mempertahankan elevasi dasar sungai yang ada di sebelah hulu bangunan tersebut, dengan demikian tidak ada tujuan untuk menaikkan elevasi muka air. Masalah hidrolika yang perlu diperhatikan dalam perencanaan bangunan tersebut adalah gerusan lokal yang ada di sebelah hilirnya, yang pada taraf tertentu dapat membahayakan kontruksi bangunannya sendiri ataupun tebing -tebing sungai yang ada di sekitar bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar