Selamat Datang di blog ZEB CIVIL. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Sabtu, 25 Juni 2011

Konsep Pemanfaatan Sumberdaya Air Menurut Beberapa Ahli

Menurut Dumairy (1992) bentuk pengelolaan air bermacam-macam tergantung pokok masalah yang dihadapi. Jika pokok masalah yang dihadapi adalah kurangnya persediaan air atau dalam istilah ekonomi penawaran lebih kecil dari permintaan, maka tindakan yang dilakukan adalah menambah suplai air. Di lain
pihak jika pokok permasalahannya adalah berlebihnya persediaan air atau dalam istilah ekonomi penawaran lebih besar dari permintaan, maka tindakan pengelolaan yang harus dilakukan adalah mengusahakan optimalisasi pemanfaatan dari kelebihan persediaan yang ada, atau mengendalikan kelebihan tersebut agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Secara garis besar basis bagi setiap tindakan pengelolaan sumberdaya air adalah upaya menyeimbangkan dua sisi yaitu sisi penawaran dan permintaan.

Menurut Reksohadiprojo (1998) kebijakan sumberdaya alam dan energi yang bertanggung jawab haruslah memenuhi persyaratan, diantaranya:
a. menjamin kontinuitas produksi serta lingkungan yang baik di masa yang akan datang.
b. Pedoman rangsangan serta tindakan yang bertalian dengan pemanfaatan sumberdaya alam dan energi.
c. Tidak boleh mengakibatkan perusakan lingkungan fisik
d. Tidak menimbulkan resiko besar pada generasi yang akan datang.

Menurut Kuiper (1971) perencanaan sarana dan prasarana air harus memperhatikan tiga aspek yaitu aspek teknik, aspek ekonomi dan aspek sosial lingkungan masyarakat. Didalam membuat keputusan masyarakat calon pemakai dan masyarakat yang terkena proyek harus diikutkan atau didengar dan dipertimbangkan pendapatnya.

1 komentar:

  1. Daftar Nukem Nukem Nukem Nukem Nukem Nukem Nukem
    Daftar Nukem titanium machining Nukem Nukem Nukem titanium ring Nukem Nukem Nukem Nukem Nukem Nukem titanium septum jewelry Nukem Nukem titanium white fennec Nukem หาเงินออนไลน์ Nukem Nukem Nukem

    BalasHapus