Selamat Datang di blog ZEB CIVIL. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Senin, 04 Juli 2011

Desain Embung

Tujuan pekerjaan Perencanaan Penyediaan Air Baku adalah untuk menampung limpasan air hujan yang  jatuh pada daerah tangkapan hujan selama musim hujan sehingga dapat dimanfaatkan pada musim kemarau bagi masyarakat di sekitar telaga. Cadangan air dapat dimanfaatkan untuk air minum, mandi, cuci, mandi / minum
hewan, recharge air tanah maupun kemungkinan pemanfaatan air untuk irigasi

Perlu juga di ketahui pada saat melakukan desai embung/telaga kita harus memperhatikan sasaran yang harus dicapai oleh seorang perencana dalam menangani pekerjaan detail desain embung seperti sebagai berikut:
  • Melakukan kajian pemanfaatan air di embung termasuk konsumsi air rata-rata  tiap hari.
  • Analisis Hidrologi, yang meliputi aliran masuk (air hujan, mata air maupun  sungai), out flow, kapasitas tampungan embung yang diharapkan, loses (resapan atau penguapan) dan design flood.
  • 3.Membuat perencanaan design bangunan utama (tubuh bendungan), peluap, Blanked (lapis kedap air) dan bangunan pelengkap struktur embung.
  • 4.Membuat perencanaan bangunan fasilitas umum yang dibutuhkan oleh masyarakat pemakai embung, agar pemanfaatan air embung tidak merusak atau mengganggu kelestarian embung. 
  • 5.Melakukan kajian konservasi lahan di daerah tangkapan air hujan (catchment area) guna menghindari permasalahan erosi yang berlebihan yang dapat mengakibatkan pendangkalan embung.

manfaat dari sasaran yang akan dicapai dengan dilakukannya pekerjaan ini antara lain adalah :
  • Mendapatkan solusi terbaik untuk perencanaan detail desain embung di tiap-tiap lokasi yang telah ditetapkan,
  • Mendapatkan data anggaran biaya yang dibutuhkan untuk rehabilitasi embung
  • Meningkatkan kualitas penanganan air bersih kepada masyarakat dalam mengatasi terjadinya masalah kekeringan

2 komentar:

  1. gan ada spek teknis nya gak gan untuk kerjaan ini , saya ada kendala kerja gan dengan pembuatan embung di daerah saya gan , mohon bantuan nya ya gan, dan mohon bimbingan nya gan

    BalasHapus