Selamat Datang di blog ZEB CIVIL. Terimakasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan komentar dan follownya ya bro...

Sabtu, 23 Juli 2011

Jembatan Kabel Terpanjang di Dunia

Berlokasi di 250 km sebelah barat kota Athena, Yunani, Jembatan Rion-Antirion merupakan cara baru dalam menyeberangi teluk Corinth. Jembatan yang selesai di bangun pada bulan Agustus 2004 ini menghubungkan kota Rion dan kota Antrion yang letaknya di kedua sisi Teluk Corinth.


Rion-Antirion dan kendalanya
Banyak faktor yang menjadi kendala mewujudkan jembatan impian Yunani ini. Sebagian kecil dari kendala tersebut adalah kondisi alam yang sulit, mencakup kedalaman lau yang mencapai 65 m, kualitas tanah dasar yang baik mencapai 500 m sehingga sampai kedalaman 100 m penggalian tidak di temui lapisan batuan, aktivitas siesmik yang tinggi serta tiupan angin yang konstan.
Kendala-kendala yang berasal dari alam tersebut merupakan tantangan yang tidak mudah dipecahkan karena kondisi alam yang ada diwilayah pembangun jembatan Rion-Antrion ini bisa dikatakan ekstrem dan merugikan. Karena itulah, rancangan jembatan ini sempat mengalami perkembangan dan perubahan yang signifikan dari konsep awalnya, didasarkan pada proses analisis dan penelitian yang luas.

Perubahan rancangan jembatan yang meliputi proses pengurangan dan penggabungan struktur harus dapat mengontrol pergerakan dermaga dan tiang jembatan. Struktur ini juga harus mampu menahan rotasi dan perubahan keseimbangan antara dua penopang  yang berdekatan yang mengalami pergerakan baik secara horizontal maupun vertical karena pengaruh getaran gempa.

Rioni-Antirion dan inovasi
Tentangan-tantangan serta kendala-kendala yang ada menyebabkan kontruksi jembatan terpanjang di dunia ini mancatat berbagai rekor dan inovasi baru dalam dunia kontruksi sipil di dunia. Jembatan Rion-Antirion ini merupakan jembatan kabel gantung terpanjang di dunia dengan panjang mencapai 2.250 m. Jembatan ini juga merupakan jamebatan pertama yang di sokong oleh 4 tiang penyangga yang fondasinya di bangun dilapisan tanah lunak dengan tulangan pipia baja.  Selain itu, jembatan ini juga memiliki fondasi yang terdalam di dunia yaitu tertanam di kedalaman 65 m di bawah permukaan air laut dan teknologi fondasi terbaru yaitu system “terapung” yang terdiri atas lapisan tanah kerikil.
Jembatan Rion-Antrion memiliki kekuatan untuk bertahan pada getaran seismic gempa bumi hingga lebih dari 7,5 skala richer, mampu bertahan dari tekanan yang diberikan angin dengan kecepatan 250 km/jam serta mampu menopang beban tanker seberat 180.000 ton yang bergerak dengan kecepatan 16 knot. Proyek jembatan milik Yunani lebih terjamin perawatannya setelah bergabung Yunani kedalam Uni Eropa karena jemabtan Rion-Antirion ini kemudian menjadi salah satu dari 14 proyek insfrastuktur utama yang mendukung perekonomian Eropa. Sebagai dari jaringan transformasi Eropa, jembatan ini membantu efesiensi distribusi barang-barang dan memfasilitasi perdagangan antara Negara di kawasan Eropa.

Rion-Antarion dan prestasi
Pada bulan april 2005 lalu, jembatan yang proyek pembangunannya memakan waktu 5 tahun di mulai sejak tahun 1999. Memperoleh kehormatan untuk dianugrahi sebagai 2005 Outstanding Civil Engineering Achievemen (OCEA) yang di berikan oleh American Society of civil Engineering (ASCE). Penghargaan tahunan Outstanding Projects and Leaders (OPAL) keenam.
Jembatan kabel terpanjang di dunia ini dipilih untuk memperoleh penghargaan 2005 OCEA  mengalahkan 5 finalis yang masuk seleksi dan menyingkirkan 22 nominasi lainnya. Finalis-finalis lain yang masuk katagori untuk memperoleh 2005 OCEA tersebut adalah Sistem Rel Kereta Gantung di bandara JFK, New York, Amerika Serikat; Stasiun Pompa Mubarak di toshka, Olivenhain di san Diego, dan time Warner Center di New York.
Penghargaan OPAL di berikan kepada para professional dan proyek/bangunan konstruksi yang telah memberikan kontribusi lebih bagi dunia Teknik Sipil dalam 5 katagori, yaitu Karya Publik, Kontruksi, manajemen, Desain dan Pendidikan.

1 komentar:

  1. share foto2nya dong...
    klo ada artikelnya, dishare...
    biar bisa d baca..
    :)

    BalasHapus